Fardhu Kifayah Pagi Ini


Seorang tetangga​ wafat kemarin sore, dan baru dimandikan pagi ini. Beruntung di komplek kami ada seorang ustadz, Ustadz Syahruddin namanya, yang sudah sejak dulu menjadi andalan kami untuk pengurusan jenazah, dari memandikan, mengafankan dan menyolatkan, juga terkadang ikut menguburkan jenazah.

Dalam Islam, ini dikenal dengan Fardhu Kifayah, sebuah kewajiban kita sebagai muslim untuk mengurus jenazah saudaranya. Artinya, harus ada sebagian kaum muslimin yang melakukan hal ini terhadap mayit. Jika tidak ada, semua kaum muslim di daerah itu terkena dosa.

Sudah tiga kali ini aku mendampingi ustadz Syahruddin mengurus jenazah para tetangga di komplek, dari memandikan dan mengafaninya, termasuk memotong-motong 2 lembar kain kafan menjadi potongan-potongan kecil untuk membungkus mayit. 

Itu lah mengapa, bila aku ada di tempat saat ustadz Syahruddin diminta pergi ke shohibul musibah/rumah duka untuk mengurusi jenazah, aku pun bergegas mengikutinya. Melihat bagaimana cara beliau memuliakan jenazah dengan memandikan dan mengafaninya, membuat diri ini ingin belajar mengurusi jenazah, juga ikut membantu walau sekedar mengikat tali-tali kain kafan.

Innalillaahi wa innaa ilaihi roojiuun. Sesungguhnya kita ini milik Allah dan kepadaNya lah kita akan kembali.


Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s