Taklim Perdana di Masa Pandemi

Ust. Ahmad Suja’i

Ahad pagi ini di musholla Baiturrahim diselenggarakan taklim perdana setelah beberapa bulan berhenti karena pandemi Covid 19.

Tampil sebagai pengisi taklim adalah ustadz Ahmad Suja’i, dengan kajian Shirah Sahabat, yang kali ini topiknya adalah Abu Bakar RA.

Menikmati hidangan sembari berbincang ringan

Selepas pengajian, ditutup dengan sholat Syuruq dan menikmati hidangan yang disediakan oleh takmir bersama ustadz Ahmad Suja’i.

UAS di Jatibening!

Serasa gak percaya waktu membaca selebaran digital di WhatsApp group, ustadzana Abdul Somad Lc, MA akan hadir di masjid Darussalam, Tamansari Persada Jatibening Bekasi, yang artinya cuma sepelemparan batu dari rumah.

Sayangnya, acaranya diadakan pada hari Selasa siang, membuat istriku hanya bisa menitip salam untuk UAS.

Jadi lah gw sendirian ke Darussalam, sekitar 90 menit sebelum jadwal beliau mengisi tabligh akbar ini untuk mendapatkan shaf terdepan. Di masjid pun gw bertemu beberapa jamaah musholla komplek yang tanpa janjian ternyata satu niat hari ini 😁

Dan jamaah pun membludak, terutama dari golongan akhwat yang mendesak masuk ke ruangan utama di lantai dua, karena ruangan akhwat di bawah telah penuh sesak.

Tanpa terasa, hampir 90 menit UAS memberikan ceramah dan menjawab hampir semua pertanyaan, sebelum beliau melanjutkan acara di masjid yang lain.

Jazakumullahu ahsanul jazaa atas segala ilmunya ustadzana, semoga Allah subhanahu wa ta’ala selalu melindungimu, aamiin.

Kajian Ustadz Bendri

Musholla Baiturrahim malam ini menyelenggarakan kajian tematik ‘Masuk Surga Sekeluarga’ dengan pembicara ustadz Bendri Jaisyurrahman.

Alhamdulillah, banyak jamaah Musholla Baiturrahim yang menyempatkan hadir, bahkan mengajak serta keluarganya untuk mendengarkan kajian yang menarik ini.

Semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat dunia wal akhirat, aamiin.

Bab Terakhir Al Majmu

Pembahasan terakhir kitab Al Majmu di Masjid Al Azhar Kalimalang oleh ustadz Adi Hidayat, sebelum bulan depan akan dibahas hal-hal mengenai bulan Ramadhan.

Untuk kawan-kawan di sekitar Kalimalang Bekasi, ustadz Adi Hidayat rutin mengisi di masjid ini bada subuh di pekan pertama tiap bulannya.

Cari bekal dunia dan akhiratmu dengan mengikuti kajian-kajian dari para ustadz di sekitar tempat tinggalmu. Ayo, jangan ketinggalan!

We missed you, UAS

Sejatinya kami sudah merindukan pertemuan ini. Sejak beberapa pekan sebelum hari H, kami sudah menyebarkan flyer pengajian Ustadz Abdul Somad (UAS) via medsos di Masjid Al Azhar Jakasampurna Kalimalang Bekasi, yang memang dekat dengan rumah kami.

Tapi apa daya, pada hari yang ditunggu-tunggu ternyata di sekolah Maryam ada Pentas Seni, dan Maryam pengen divideoin sama Baba.

Ya sudah mau gimana lagi, pagi-pagi kami pun ke sekolah Maryam, melihat dia pentas dan kemudian setelahnya bergegas ke masjid Al Azhar untuk mengikuti pengajian UAS.

Dan….. Padatnya jamaah membuat jalan Kalimalang membludak. Macet. Walaupun kami naik motor untuk mengantisipasi kemacetan, tetap saja kami terlambat sampai di masjdi Al Azhar.

Kami tiba di parkiran saat jamaah sedang tertib meninggalkan masjid. Tak ada lagi yang bisa kami kerjakan, kecuali menaikkan drone untuk sekedar memfoto keriuhan pagi ini..

We missed you, UAS. See you again soon, in syaa Allah.

Kajian Al Majmu & Sarapan Bareng

Subuh tadi kami mengikuti kajian rutin ustadz Adi Hidayat yg membahas kitab Al Majmu di Masjid Al Azhar Jaka Sampurna, Bekasi. Seperti biasa, kajian dihadiri banyak jamaah, yang selama 90 menit tekun menyimak apa yang disampaikan ustadz Adi.

Ustadz berpesan agar ilmu itu sebaiknya dicatat, bukan hanya didengarkan tanpa dipraktekkan. Dengan mencatat, hasil catatan itu bisa dimanfaatkan ke banyak orang, minimal kepada diri dan keluarga sendiri.

Istimewanya lagi, setelah kajian selesai, kami bertemu banyak teman-teman haji, yang tanpa rencana dan janjian untuk datang ke sini.

Alhasil, reuni dadakan ini pun berlanjut, bergeser sedikit ke barat, di tempat jajanan Caman di depan perumahan Prima Lingkar Asri.

Nikmatnya, saat langkah kakimu ke rumah Allah disandingkan dengan langkah kaki saudara-saudaramu yang lain, fa bi ayyi alaa irobbikuma tukadzibaan.

Tips Pacaran #4: Ajak ke Pengajian

Bersama ustadz Adi Hidayat

Kencan favorit kami memang unik. Kami juga sesekali sih nonton bioskop berdua, kulineran berdua atau nemenin dia belanja. 

Tapi berkencan dengan mengajaknya ke majelis taklim rasanya paling mesra: menuntut ilmu bersama dan ada jaminan bertambahnya rasa sayangnya pada pasangan hidup kalian.

Kok bisa?

Bersama ustadz Felix Siauw

Ya, karena mengajaknya ‘berkencan’ ke tempat yang paling disukai Allah subhanahu wa ta’ala, di mana lagi kalau bukan di masjid, bertemu atau melihat langsung ustadz yang memberi bekal ilmu untuk hidup di dunia dan akhirat, biasanya langsung ‘klik’ kalau sudah suka pada ceramahnya.

Bersama Ustadz Abdul Somad

Masih gak percaya juga? Silakan coba. Gak tanggung ya kalau ketagihan, karena sekali suka tips pacaran yang satu ini, in syaa Allah ketagihan untuk lagi dan lagi.

Bersama Aa Gym dan teh Ninih

Kajian Santun di Dunia Maya, Cerdas di Dunia Nyata

Alhamdulillah, malam ini bisa menghadiri kajian Quran Sunnah Solution Special Edition di masjid Al Ihsan Pondok Timur Mas, Bekasi, yang diasuh ustadz Adi Hidayat setiap Kamis malam. Disebut edisi spesial malam ini karena menghadirkan ustadz Felix Siauw.

Acara yang digelar setelah sholat Maghrib dan dilanjutkan bada sholat isya, dihadiri begitu banyak jamaah, sampaknmeluber sehingga yang telat datang seperti kami, harus rela berada di teras luar dan mengikuti kajian dari layar kain yang disediakan.

Tapi tak mengapa, karena hadir ke dalam kajian cerdas seperti ini benar-benar mendapatkan tambahan ilmu yang sangat bermanfaat, in syaa Allah untuk kehidupan dunia wal akhirat, dunia maya dan di dunia nyata.

Barakallahu fikum ustadz Adi Hidayat & ustadz Felix Siauw!

Sholat Subuh Sedahsyat Sholat Jumat

Ma syaa Allah, selain di Masjidil Haram atau masjid Nabawi, jarang-jarang aku melihat sholat subuh berjamaah sedahsyat ini. Entah berapa jumlah jamaah yang hadir pagi ini, namun ini lah yang terjadi saat Ustadz Abdul Somad hadir untuk mengisi kajian ba’da subuh di masjid Bani Umar, Bintaro.

Kami yang berangkat jam 3 pagi dari rumah di Jatibening Bekasi, karena tidak memperkirakan ada pekerjaan di jalan tol yang bikin macet luar biasa, kami pun sampai di masjid ini pas adzan subuh. Tempat parkir seadanya, masjid pun penuh sesak.


Jadi lah kami tidak mendapat tempat yang yang terbaik subuh ini, tapi tak mengapa, berada di antara ribuan jamaah sholat subuh pagi ini, kami hanya mengharapkan ridha Allah subhanahu wa ta’ala.

Allāhu Akbar!